5 FAKTA MENARIK TENTANG INDUSTRI ANIME


Jika kita berbicara soal anime pasti kita juga akan berbicara tentang Jepang. Bisa dibilang Jepang merupakan industrinya anime. Banyak anime yang sudah berkembang diJepang, dari jaman dahulu bahkan sampai sekarang.

Anime Jepang sudah berkembang pesat di seluruh dunia. Dan bahkan komunitas-komunitas anime jug sudah banyak yang ada. Berikut saya sajikan dalam 5 Fakta Menarik Tentang Industri Anime versi FiveNime.


5. Anime Yang Ditayangkan Di Televisi Di Jepang




Jepang yang merupakan pusatnya anime, pasti sering sekali menayangkan serial anime di setiap stasiun televisinya. Pada tahun 2015, kurang lebih ada 341 serial anime di Jepang yang ditayangkan di televisi Jepang. Banyak bukan ?

Dari 341 terdapat 233 judul anime terbaru yang tayang pad atahun itu. Bukan hanya itu saja di bioskop pun juga ditayangkan 77 film anime. Jika dihitung-hitung, durasi keseluruhannya mencapai 5.931 menit. Jika kalian ingin setiap hari bisa menonton anime tanpa harus download disitusnya, pergi saja ke Jepang agar bisa menikmati menonton anime setiap hari.


4. Durasi Serial Anime Di Jepang



Durasi serial anime yang ditayangkandi Jepang bukanlah hal yang bisa dibilang biasa, pasalnya dari seluruh durasi serial anime di Jepang yang tayang selama 2015 adalah 115.533 menit. Menakjubkan bukan.

Itu sama saja dengan 80 hari, 5 jam, dan 33 menit. Bagi para Otaku maupun Anime Lovers, Jepang bisa menjadi surganya. Karena setiap hari mereka bisa disuguhkan dengan anime-anime yang terbaru pastinya.


3. Anime Durasi Panjang




Pada umumnya Anime memiliki sekitar 12 episode per seasonnya. Lalu anime apa yang memiliki durasi atau episodenya terpanjang ? Kalau kalian menjawab Doraemon, maka kalian salah. Memang Doraemon merupakan anime jama dahulu. Tetapi ada juga anime dari jaman dahulu dan juga masih ada sampai sekarang.

Anime yang memiliki durasi terpanjang yaitu anime Sazae-san. Anime ini pertama tayang pada tanggal 5 Oktober 1969 di Fuji Television dan masih tayang hingga sekarang. Jika ditotal jumlah episodenya sekitar 7600 episode. Jika kalian ingi koleksi tentang anime ini sebaiknya kalian pikir-pikir dulu.


2. Anime Yang Memenangi Academy Awards




Dari ribuan anime pasti juga ada anime yang ikut nominasi dalan Academi Awards. Anime yang ikut dalam nominasi dan menang di Academy Awards adalah anime yang berjudul Sen to Chihiro no Kamikakushi atau Spirited Away. Anime ini juga merupakan satu-satunya pemenang yang digambar manual, karena sebagian besar animasi pemenang piala Oscar adalah buatan komputer.
Bukan hanya penghargaan Academy Awards saja, namun juga berhasil mendapatkan pialaOscar untuk kategori Best Animeted Feature pada tahun 2003. Anime ini menghabiskan biaya sebesar $19 jutadan berhasil meraup keuntungan sebesar $289 juta.


1. Pendapatan Yang Diperoleh Industri Anime Jepang




Jika kita lihat sudah bisa kita tebak bahwa pasti industri anime di Jepang meraih keuntungan yang sangat besar. Pendapatan industri anime  di Jepang pada tahun 2016 mencapai 1826 triliun yen atau setara dengan $15,9 miliar.

Tidak heran, karena anime di Jepang sudah berkembang pesat diseluruh dunia bahkan di Indonesia sendiri. Dan tidak heran pula jika Jepang pantas mendapat julukan sebagai kiblatnya para Otaku maupun Anime Lovers.


Itu dia teman-teman 5 Fakta Menarik Seputar Industri Anime versi FiveNime.
Kunungi terus fivenime.blogspot.com untuk mendapatkan informasi menarik seputar anime yang wajib kalian ketahui.
Mohon maaf jika ada kesalahan. Akhir kata.

See You Next Time

 
Top