3
DAMPAK NEGATIF KEBANYAKAN NONTON ANIME


Pada dasarnya sesuatu yang berlebihan pasti menyebabkan dampak yang buruk, banyak pendapat yang bilang begitu. Dan segala yang berlebihan itu menyangkut semuanya termasuk juga menonton anime. Banyak dari kita yang terlalu berlebihan menonton anime.

Tahukah kalian, bila kebanyakan menonton anime dapat berdampak pada diri kalian dan lingkungan kalian. Disini admin akan sedikit menjelaskan tentang dampak negatif bagi kalian yang kebanyakan menonton anime.


Kebanyakan Menghayal




Mungkin dari kalian sudah pernah mengalaminya. Dampak negatif yang satu ini mungkin masih terbilang rendah, namun jika dibiarkan terus-menerus maka akan menjadi dampak yang lebih besar lagi. Contoh dari kebanyakan menghayal yaitu, jika seorang pecinta anime berimajinasi memiliki kekuatan super dan menadi pahlawan seperti dalam anime yang ditonton.

Menghayal menjadi pahlawan boleh saja, namun sosok pahlawannya jangan seperti di anime, jadilah sosok pahlawan yang sering kita jumpai di masyarakat saja seperti Polisi, Dokter, Tentara, Guru, dan lain-lain itu malah lebih baik dari pada menghayal menjadi pahlawan yang memiliki kekuatan super. Tapi jangan hanya menghayal saja, kalau bisa juga harus di wujudkan hayalan tersebut.


Suka Menyendiri dan Susah Bersosialisasi




Dampak yang satu ini sudah mulai berbahaya. Karena keasyikannya menonton anime, merekajadi enggan untuk bersosialisasi, seakan-akan mereka sudah menemukan dunianya yang baru. Orang yang kebanyakan menonton anime biasanya selalu menyendiri dikamarnya karena keasyikannya menonton anime.

Jika kalian suka dengan anime, kalian juga bisa kok bersosialisasi dengan orang yang suka anime juga. Jadi kalian bisa ngobrol-ngobrol soal anime dan lain-lain. Jadi kalian tidak usah menjadi penyendiri dan menutup diri kalian dari dunia luar.


Jarang Memperhatikan Dirinya Sendiri




Beberapa Dokter mata menghimbau bahwa memainkan Komputer atau Gedget terlalu sering maka berpotensi menjadikan mata minus. Begitu juga dengan para penggemar anime yang terlalu sering menatap layar komputer jika menonton anime. Karena keasyikannya, mereka jadi lupa tentang kesahatannya sendiri. Bahkan ada dari mereka yang sering begadang dan kurang tidur hanya untuk menghabiskan 1 judul anime saja.

Kondisi inilah yang mengkhawatirkan. Jika kalian memang suka terhadap anime, maka hal pertama yang harus kalian sukai adalah diri kalian sendiri. Jika kaian sering melakukan hal-hal seperti tadi, maka tubuh kalian akan menjadi sakit, dan jika kalian menjadi sakit maka kalian tidak akan bisa lagi menonton anime.


Berpotensi Menjadi Jones (Jomblo Ngenes)




Bagi kalian pecinta anime pasti pernah mendengar kata Waifu. Waifu bisa diartikan sebagai pasangan dalam dunia anime atau bisa dibilang karakter anime yang menjadi pasangan kalian. Banyak dari pecinta anime yang sudah mempunyai Waifu. Padahal Waifu itu sendiri tidak akan pernah ada didunia. Karena ketertarikannya kepada karakter anime, mereka menjadi kurang tertarik dengan tokoh manusia yang ada disekitarnya.

Menyukai karakter anime boleh-boleh saja, namun jangan terlalu berlebihan. Jangan menjadikan karakter anime menjadi pasangan kalian, karena sejatinya pasangan untuk seorang manusia adalah harus seorang manusia juga, tidak boleh karakter didalam anime, game, ataupun yang lain.


Lebih Menyukai Budaya Luar




Mungkin ini adalah dampak yang sangat berbahaya jika kebanyakan menonton anime. Karena ketertarikannya terhadap hal-hal yang berbau anime, mereka lebih menyukai budaya-budaya negara tetangga Jepang dari pada negaranya sendiri. Bahkan mereka lebih tertarik kepada negara Jepang dari pada negaranya sendiri.

Sejak di sekolah pasti kita sudah diajarkan bahwa kita harus mencintai budaya kita, yaitu budaya Indonesia. Menyukai anime boleh-boleh saja, namun jangan sampai hanyut kedalam budaya-budaya luar. Jika ingin menjadi pecinta anime, maka hal yang harus dilakukan adalah sukai anime dan cintailah budaya dan negeri sendiri yaitu Indonesia.


Dampak-dampak diatas haya sebatas pendapat admin semata. Kita boleh mencintai dan menyukai anime, namun kita juga harus terbatas jangan terlalu sering menonton anime.
Masih ada informasi SPECIAL lainnya di FiveNime, maka dari itu kunjungi terus fivenime.blogspot.com.
Mohon maaf jika ada kesalahan. Akhir kata.

See You Next Time

Post a Comment

  1. boleh nonton tapi jangan terlalu berlebihan, harus selalu ingat realita aja sih ya, biar gak jones banget wkwk :))

    ReplyDelete
  2. yang penting happy bro.. hehe soalnya saya seneng nonton anime

    ReplyDelete
  3. Tergantung gan genrenya apa, kalo ane SNK itu bagus ada motivasinya. Mungkin yang suka wibu itu masalahnya :V

    Jangan lupa juga jalan-jalan ke blog ane yaaa.

    ReplyDelete

 
Top